Trending

Blusukan ke Desa di Aluh-Aluh, Syarifah Rugayah Sosialisasikan Pentingnya Nilai Pancasila



BANUATODAY.COM, BANJAR - Anggota DPRD Kalimantan Selatan, Hj Syarifah Rugayah, menekankan pentingnya Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila sebagai upaya untuk melawan paham radikal, ekstrem, dan terorisme di Indonesia, termasuk di wilayahnya sendiri.

Kegiatan kali ini menyasar Desa Pemurus RT. 02, Kecamatan Aluh-aluh, Syarifah Rugayah mengatakan bahwa sosialisasi tentang Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila harus dilakukan secara intensif dan berkelanjutan hingga ke pedesaan, Senin (30/10).

“Hal ini diperlukan karena pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila belakangan ini terkesan memudar. “

Untuk membahas lebih lanjut tentang hal ini, Syarifah Rugayah menghadirkan Muhammad Nasir, S. Pd., sebagai narasumber dalam acara diskusi. 

Nasir memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya nilai-nilai Pancasila dan bagaimana mengaktualisasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam diskusi tersebut, Nasir menyampaikan bahwa Pancasila sebagai dasar negara Indonesia memiliki peran penting dalam membentuk karakter bangsa yang berdasarkan nilai-nilai luhur. 

Oleh karena itu, nilai-nilai Pancasila harus diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan, baik di tingkat individu maupun masyarakat secara keseluruhan.

Nasir juga menekankan pentingnya peran keluarga dan pendidikan dalam membentuk pemahaman yang benar tentang nilai-nilai Pancasila.

“Keluarga harus menjadi contoh yang baik dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila dan pendidikan harus memasukkan materi tentang Pancasila sebagai salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan kepada siswa.”

Diskusi ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan bagaimana mengaktualisasikannya dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah munculnya paham radikal, ekstrem, dan terorisme di Indonesia. (Par/Win)

Lebih baru Lebih lama