Trending

Muhammadiyah Kalsel Gelar Pasar Murah dan Opening Rumah SembakoMu

MOU - Penandatanganan MoU Muhammadiyah Kalsel.

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Muhammadiyah Kalsel melalui Majelis Ekonomi, Bisnis, dan Pariwisata (MEBP) membuka Rumah SembakoMu serta mengadakan Pasar Murah sebagai bagian dari rangkaian Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) MRBP di Café Nostalgia, Jalan Belitung Laut, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada Sabtu, (22/06/2024).

Acara ini dihadiri oleh beberapa tokoh penting seperti Ketua Majelis Ekonomi, Bisnis, dan Pariwisata (MEBP) PP Muhammadiyah Dr. Arif Budimanta, yang juga menjabat sebagai Komisaris Independen Bank Mandiri dan Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi, Ketua PW Muhammadiyah Kalsel Prof. H. Ridhahani Fidzi, Ketua MEBP PW Muhammadiyah Kalsel H. Aftahudin, serta berbagai unsur dari PD Muhammadiyah se-Kalsel.

H. Aftahudin menjelaskan bahwa peluncuran Rumah SembakoMu merupakan bagian dari rangkaian Rakerwil MEBP PW Muhammadiyah Kalsel. "Rumah SembakoMu menyediakan kebutuhan pokok bagi warga Muhammadiyah dan masyarakat umum dengan harga yang terjangkau," harap Aftahudin.

Aftahudin menambahkan bahwa kehadiran Rumah SembakoMu akan berkontribusi pada pengembangan ekonomi, bisnis, dan pariwisata di Kalsel. "Sembako akan dipasok oleh petani-petani Muhammadiyah dan pelaku usaha lainnya, yang dapat memasok barang ke Rumah SembakoMu," jelasnya.

Ia juga mengungkapkan rencana untuk mendirikan Rumah SembakoMu di semua kabupaten/kota di Kalsel. "Kami mencari orang yang potensial untuk mengelola dan menjalankan Rumah SembakoMu karena tanggung jawabnya besar terkait keuangan dan stok barang," paparnya.

Rumah SembakoMu akan berlokasi di tempat-tempat yang mudah diakses oleh masyarakat. "Kami tidak membatasi lokasi Rumah SembakoMu," tandasnya.

Ketua PW Muhammadiyah Kalsel, Prof. Dr. H. Ridhahani Fidzi, menyatakan bahwa Rumah SembakoMu adalah program ekonomi masyarakat. Mengingat kesulitan ekonomi yang dialami masyarakat, terutama dalam memenuhi kebutuhan pokok, "Rumah SembakoMu hadir untuk mengantisipasi kesulitan ekonomi masyarakat, khususnya anggota Muhammadiyah," tandasnya.

Visi dan program MEBP Muhammadiyah adalah membangkitkan semangat kerja dan kreativitas ekonomi masyarakat hingga ke daerah. "Nanti akan ada jaringan distribusi melalui Rumah SembakoMu ke daerah-daerah, dengan pangsa pasar yang sangat luas. Bayangkan, hanya untuk warga Muhammadiyah saja jumlahnya sudah banyak, ditambah masyarakat umum," ujarnya.

Guru Besar UIN Antasari Banjarmasin ini juga mencontohkan kebutuhan akan air mineral di pengajian-pengajian masjid Muhammadiyah yang sering kali kewalahan. "Ini sangat tepat, kehadiran Rumah SembakoMu sangat relevan dengan kebutuhan ekonomi masyarakat," imbuhnya.

Ketua MEBP PP Muhammadiyah, Dr. Arif Budimanta, berharap Rakerwil MEBP PW Muhammadiyah Kalsel dapat menghasilkan program yang bermanfaat bagi masyarakat dan organisasi Muhammadiyah. 

"Program Rumah SembakoMu ini mudah-mudahan dapat mempermudah pemenuhan kebutuhan ekonomi masyarakat di Kalsel," harapnya.

Rakerwil MEBP yang bertema 'Penguatan Kelembagaan Ekonomi dan Bisnis dari Muhammadiyah, oleh Muhammadiyah, untuk Muhammadiyah Menuju Banua' didukung oleh IPJI, Kadin, Café Nostalgia, Koperasi Harum Manis Bersatu, dan Rose Brand. (naz/fsl)

Lebih baru Lebih lama