Trending

UHC di Banjarmasin dan Kotabaru Masih di Bawah Target

TARGET - Banjarmasin dan Kotabaru termasuk daerah yang belum berhasil mencapai UHC.

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Memasuki pertengahan 2024, Kota Banjarmasin dan Kotabaru yang berada di wilayah BPJS Kesehatan Banjarmasin belum berhasil mencapai Universal Health Coverage (UHC). Tingkat cakupan UHC di kedua daerah ini masih di bawah 95%.

Kepala BPJS Kesehatan Banjarmasin, Asmar, menyatakan bahwa dari tujuh kabupaten dan kota yang masuk dalam wilayah BPJS Banjarmasin, Kotabaru dan Banjarmasin adalah dua daerah yang belum mencapai UHC.

"Secara keseluruhan, BPJS Kesehatan cabang Banjarmasin telah mencapai 96,35%, sementara secara keseluruhan di Kalsel mencapai 97,83%," ujarnya saat pertemuan dengan media pada Rabu (26/06).

Asmar menjelaskan bahwa ketidakmampuan Banjarmasin dan Kotabaru mencapai UHC menyebabkan kesulitan bagi pasien yang tidak mampu membayar. Jika pemerintah daerah yang membayarkan, kepesertaan baru akan aktif satu bulan kemudian. Namun, jika UHC telah tercapai, kepesertaan langsung aktif saat pembayaran dilakukan.

"Kami terus mendorong Kotabaru dan Banjarmasin untuk menambahkan anggaran agar masyarakat yang belum terdaftar bisa segera didaftarkan, sehingga dapat mencapai cakupan 95% atau memenuhi UHC," tambahnya.

Ia berharap semua kabupaten dan kota di Kalsel dapat mencapai cakupan 98% pada akhir Desember 2024, sesuai dengan target pemerintah. (naz/fsl)

Lebih baru Lebih lama