Trending

Banjarmasin Book Fair di Lapangan Kamboja, Ibnu Sina: Kesempatan Orangtua Cari Buku untuk Anak Sambut Tahun Ajaran

KOLEKSI - Wali Kota Ibnu Sina didampingi istri, Hj Wasilah, menunjukan sejumlah koleksi buku yang ada di Banjarmasin Book Fair 2024.(prokom banjarmasin)

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Mulai hari ini, Sabtu (12/07/2024) hingga 10 hari ke depan, masyarakat berkesempatan mendapatkan aneka buku bacaan dan lainnya dalam event Banjarmasin Book Fair.

Kegiatan dilaksakan di Lapangan Kamboja Banjarmasin digagas Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Banjarmasin.

Tak hanya tersedia berbagai buku dan peralatan sekolah, di kawasan tersebut juga ada permainan anak anak hingga berbagai kuliner.

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina mengatakan, Banjarmasin Book Fair ini dihadirkan untuk meningkatkan literasi dan memperkenalkan berbagai buku berbentuk fisik kepada masyarakat khususnya para pelajar.

Apalagi, ucapnya, kegiatan tersebut digelar berbarengan dengan kegiatan sekolah yang akan kembali aktif pada hari Senin (15/07), sehingga kehadiran event ini diharapkan dapat menarik minat para orangtua dan pelajar kota ini untuk datang, melihat dan berbelanja kelengkapan sekolah. 

“Ada buku-buku pelajaran kemudian buku-buku tulis, mungkin bisa menarik, anak-anak didik kita bisa datang dengan keluarganya ke sini, silakan lihat koleksi-koleksi buku yang ada dan itu saya kira sangat bermakna bagi anak-anak kita,” ucapnya, saat menyampaikan sambutannya dalam pembukaan kegiatan tersebut.

Biar bagaimanapun, lanjutnya lagi, dokumen digital dengan dkumen berbentuk fisik sangat lah berbeda. 

Oleh karena itu, pemimpin Bumi Kayuh Baimbai ini menginginkan, instansi terkait bisa menggalakan terus literasi membaca bagi para siswa dan siswi se Kota Banjarmasin. 

“Dinas perpustakaan memiliki perpustakaan keliling yang bisa datang ke sekolah-sekolah atau ke kampong-kampung, sehingga buku-buku yang tersedia bisa dibaca oleh anak anak kita, khususnya yang berada di kawasan pinggir kota dan daerah yang sulit didatangi, disitulah perpustakaan keliling ini bisa datang secara rutin,” ucapnya.

Bila bicara data, H Ibnu Sina kembali menjelaskan, literasi membaca buku di kota ini sudah sangat baik. Hal ini dikarenakan Banjarmasin merupakan kawasan kota besar, sehingga semua buku baca tersedia, karena itu saat ini yang haruskarena itu saat ini yang harus dilakukan adalah bagaimana lebih meningkatkan literasi membaca buku tersebut. 

“Kegiatan ini bisa meningkatkan lagi, apalagi sudah ada disini komunitas komunitas buku, komunitas baca, mungkin akhir pekan mereka ada di Lapangan Kamboja, atau membuka lapak di kawasan wisata dan car free day, saya kira itu memberikan efek edukasi yang sangat baik bagi generasi penerus kita,” jelasnya.

Selain membuka kegiatan tersebut secara simbolis, H Ibnu Sina yang saat itu didampingi Ketua PKK Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah juga mengunjungi stand-stand penyedia buku. (pro/sun)

Lebih baru Lebih lama