Trending

Berpotensi Adanya Calon Tunggal, Pilkada 2024 di Balangan Siap Digelar

WAWANCARA: Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Kabupaten Balangan, Wahyudi - Foto Dok 


BANUATODAY.COM, BALANGAN – Belakangan ramai menjadi perbincangan publik bahwa pada Pilkada 2024  di Kabupaten Balangan, berpotensi hanya diikuti oleh satu pasangan calon.

Hal ini tidak terlepas dari belum bermunculannya bakal pasangan calon yang berniat ikut Pilkada Balangan 2024, bahkan sosialisasi berupa baleho maupun deklarasi, serta arah dukungan partai politik yang mengerucut pada satu Bacalon belum tampak.

Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Kabupaten Balangan, Wahyudi saat dikonfirmasi mengatakan sampai sekarang pihaknya belum bisa memastikan apakah di Pilkada Kabupaten Balangan 2024 hanya diikuti satu Bapaslon atau lebih.

“Pendaftaran baru dibuka pada tanggal 27 sampai dengan 29 Agustus 2024 nanti. Nah, di saat itu lah baru kita bisa tahu ada berapa Paslon yang akan maju pada Pilkada Balangan 2024,” ujarnya.

Terlepas dari itu, lanjut Wahyudi, sebagai penyelenggara, pihaknya tentu selalu siap menyelenggarakan Pilkada 2024 di Kabupaten Balangan, baik itu hanya diikuti satu bakal pasangan calon (Bapaslon) atau lebih.

Namun, Wahyudi mengakui bahwa akan menjadi tantangan tersendiri bagi KPU Balangan kalau memang terjadi calon tunggal dalam Pilkada tahun 2024 ini. Tantangan utama adalah terkait mengajak masyarakat untuk tetap datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan menyalurkan hak suaranya. 

“Untuk itu, sosialisasi akan terus gencar kami lakukan,” tambahnya.

KPU Balangan akan bekerja keras untuk memastikan tingkat partisipasi pemilih tetap tinggi. Dengan berbagai strategi sosialisasi yang akan digencarkan, Wahyudi berharap masyarakat Balangan tetap antusias menggunakan hak pilihnya, meski hanya ada satu calon yang berkompetisi.

"Kami terus akan berupaya bersosialisasi, agar antusiasme yang ingin mendaftar bisa kami realisasi," tukasnya. (vr/fs)

Lebih baru Lebih lama