Trending

Data Disperdagin Kota Banjarmasin Kios dan Toko Terbakar di Pasar Lima Capai 167 Buah

UDARA - Foto udara menunjukan puing kebakaran Pasar Lima Banjarmasin yang terjadi pada Sabtu dini hari hingga pagi. (bpbd kota banjarmasin)

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Kebakaran hebat di Pasar Baru tak hanya meluluhlantahkan bangunan disana, namun ratusan kios atau lapak milik pedagang ikut hangus terbakar. 

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar mengatakan jumlah toko dan kios terdampak berdasarkan data aplikasi Disperdagin di Pasar Lima Tahap I toko/kios pedagang sebanyak 34 buah dan Pasar Lima Tahap II toko/kios pedagang sebanyak 133 buah. 

"Jadi total untuk toko dan kios pedagang terdampak sebanyak 167 buah berdasarkan data yang ada pada kami," jelasnya, kemarin (21/07/2024).

Pria yang biasa disapa Tezar ini mengatakan, pihaknya sudah melapor kepada Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, terkait data kebakaran ini. 

Adapun jenis dagangan di los yang terdampak kebakaran, sayur-sayuran, sembako, sparepart mesin dan peralatan pertanian, barang pecah-belah.

Sementara itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan warga RT 14  dan 15 di pasar etrsebut, melakukan pengawasan di lokasi kebakaran bersama bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas, pihak kelurahan Kertak Batu Ilir dan UPTD pasar sektor III.

Sebelumnya, data BPBD Kota Banjarmasin memperkirakan jumlah kios dan toko yang terbakar sekitar 70-an buah dan 1 tempat ibadah. (nt/sun)



Lebih baru Lebih lama