Trending

Dinsos PMD Barut Gelar Pelatihan LPj APBDes

SAMBUTAN: Asisten Bidang Pemerintahan Setda Barut Eveready Noor menyampaikan sambutan tertulis Pj Bupati Barut pada pembukaan pelatihan LPj APBDes, kamis (18/7/2024) di gedung Balai Antang Muara Teweh - Foto Dok Nett


BANUATODAY.COM, KALTENG- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Utara (Barut) melalui Dinas Sosial Pemberdayaan masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) setempat menggelar kegiatan pelatihan Laporan Pertanggungjawaban (LPj) APBDes, Penyuluhan Hukum, Sosialisasi Perpajakan, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, kamis (18/7/2024) di gedung Balai Antang Muara Teweh.

“Pelaksanaan kegiatan pelatihan laporan pertanggungjawaban APBDes tahun 2024 ini sangat penting dilakukan untuk lebih meningkatkan pengawasan dan fungsi kontrol terhadap penggunaan dana oleh pemerintah desa, dalam hal ini kepala desa sebagai pengguna anggaran sekaligus penanggungjawab anggaran desa,” kata Pj Bupati Drs Muhlis dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Asisten I Eveready Noor saat membuka kegiatan tersebut.


Hal ini, jelasnya, agar para kepala desa se-Barut bersama unsur sekretaris desa, kaur dan kasi selaku pelaksana pengelola keuangan desa, lebih jeli dan berhati-hati serta waspada dalam mengelola anggaran yang ada.

Dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan di desa, diharapkan pemerintah desa selalu mengedepankan kepentingan desa secara umum dan berasaskan keadilan untuk pemerataan pembangunan, terutama bagi dana desa dikarenakan dana tersebut yang berasal dari bantuan APBN sangatlah ketat penggunaannya, yaitu untuk bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat serta operasional pemerintah desa dan BLT Desa.

Oleh karena itu disarankan kepada pemerintah desa sejak dari tahapan perencanaan, pelaksanaan kegiatan dan pelaporan penggunaan dana, hendaknya selalu mengikuti ketentuan dan aturan yang berlaku demi terselenggaranya pembangunan di desa yang tertib dan lancar. 

Dalam kegiatan tersebut, diikuti 93 desa se-Kabupaten Barut dan dihadiri, Asisten Bidang Pemerintahan Eveready Noor sekaligus membuka kegiatan tersebut, mewakili unsur FKPD, mewakili Ketua PN, Ketua PA Muara Teweh, staf ahli bupati dan asisten sekda. Kemudian, kepala perangkat daerah, Sekdis Sosial PMD, Camat se Barut, Kabag Hukum Setda Barut, Kepala Desa se Barut, Koordinator P3MD Barut dan undangan lainnya.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama