Trending

HUT Barut, Wagub: Di Usia ke 74 Tahun Banyak Capaian yang Sudah Diraih

BERI SAMBUTAN: Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo menjadi Inspektur upacara dalam rangka memperingati hari Jadi ke 74 Kabupaten Barut, senin (22/7/2024) di arena Tiara Batara Muara Teweh - Foto Dok Nett


BANUATODAY.COM, KALTENG- Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran mengatakan dengan bertambahnya usia, ia ingin Pemkab Barito Utara (Barut) mampu berdaya saing dalam membangun dan menyejahterakan masyarakatnya. 

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo pada peringatan Hari Jadi ke 74 Kabupaten Barut, senin (22/7/2024) di arena Tiara Batara Muara Teweh.

“Saya mengucapkan Selamat Hari Jadi ke 74 Kabupaten Barut,” kata Wagub Kalteng itu. 


Ia mengatakan, beberapa capaian positif di antaranya berhasil meraih Opini WTP dari BPK RI 10 kali berturut-turut, berhasilnya menekan inflasi daerah dari sebelumnya 1,12 pada Oktober 2023, menjadi 0,33 pada Juni 2024.

Kemudian, menurunnya angka prevalensi stunting tahun 2023 sebesar 15,3 persen dibandingkan tahun 2022 sebesar 19,6 persen, angka tersebut lebih kecil dibanding target nasional yaitu 19,95 persen.

Di samping itu, kata dia, berhasil menurunkan angka pengangguran terbuka, di mana pada Januari 2024 Sebesar 3,96 persen menjadi 3,03 persen pada Juni 2024. Menurunnya jumlah penduduk miskin dari sebelumnya sebanyak 1.309 kepala keluarga (KK) pada Oktober 2023 menjadi 205 kepala keluarga atau sekitar 804 jiwa pada Juni 2024. Dan diraihnya gelar juara umum pada event Festival Budaya Isen Mulang tahun 2024.

“Capaian-capaian bagus tersebut tentu memperlihatkan semangat dan komitmen Pemerintah Kabupaten Barut untuk meningkatkan tata kelola penyelenggaraan Pemerintahan dan keuangan daerah serta kualitas pelayanan kepada masyarakat yang lebih dan lebih baik lagi,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, berbagai keberhasilan yang telah dicapai hingga saat ini pastinya juga tidak lepas dari dukungan stakeholders, baik DPRD dan Forkopimda, para tokoh pendiri dan pendahulu, Bupati dan wakil bupati sebelumnya, akademisi, dunia usaha, dan insan pers, maupun seluruh elemen masyarakat.

“Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan sebesar-besarnya atas jasa, dedikasi, dan kontribusi semua pemangku kepentingan terhadap kemajuan pembangunan di Kabupaten Barito Utara,” imbuhnya.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama