Trending

Ibnu Sina Lega, Pemkot Banjarmasin Akhirnya Lunasi Utang Rp 348 Miliar Per 1 Juli

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina bisa bernapas lega. Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin akhirnya melunasi seluruh utang peninggalan dari terlambat bayar sejumlah proyek di tahun 2023. 

Ibnu Sina mengatakan, total utang Rp. 348 miliar, telah sepenuhnya selesai dibayarkan per 1 Juli. 

Meskipun masih ada Rp 6,2 miliar yang belum terbayarkan, Ibnu menerangkan ini bukannya tidak bisa terbayarkan. 

“Memang harus dibayarkan pada APBD perubahan nanti,” ucap Ibnu, ditemui di kantor Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kota Banjarmasin, Senin (1/7/2024).

Ibnu mengaku bersyukur karena seluruh anggaran yang terdampak refocusing sebelum akhirnya bisa terbayarkan.

Menurut Walikota, hal ini akan menjadi pembelajaran bagi segenap jajaran di Pemkot Banjarmasin, agar di masa yang akan datang kejadian sama tak terulang lagi. “Memang hal seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya,” ujarnya

Agar kejadian serupa tak terjadi lagi, Ibnu pun meminta segenap jajaran di lingkungan SKPD Kota Banjarmasin bisa lebih meningkatkan pengawasan di internalnya masing-masing. 

“Ini penting untuk dilakukan evaluasi realisasi per beberapa bulan, jadi semisal ada kemungkinan target tidak tercapai berarti di anggaran perubahan harus segera disesuaikan,” jelasnya.

“Karena di perubahan itu tak hanya bisa menambah kegiatan, tapi juga bisa mengurangi kegiatan hingga anggaran,” sambungnya.

Dari sini pun angka rasionalisasi APBD Tahun 2024 dikatakan Ibnu ada di Rp 580 miliar.

Lebih lanjut, karena permasalahan utang maupun refocusing di Pemkot Banjarmasin telah selesai, saat ini sebagian besar proyek di Tahun 2024 sudah mulai dilelang. Bahkan ada beberapa yang masuk tahap pengerjaan.

Yang pastinya prioritas pengerjaan saat ini dilanjutkan Ibnu ada di pembangunan infrastruktur, baik jalan, trotoar hingga jembatan. “Ini kita masih ada waktu 7 bulan, karena ada beberapa yang sudah tayang di e-catalog. Semoga saja bisa cepat terkejar,” tandas Ibnu. (pem/sun)

Lebih baru Lebih lama