Trending

Pj Bupati Barut Berterimkasih Kepada Para Pemimpin Daerah Terdahulu

FOTONG TUMPENG: Pj Bupati Barut Drs Muhlis memotong nasi tumpeng Hari jadi ke 74 Kabupaten Barut pada acara ramah tamah, senin (22/7/2024) di gedung balai Antang Muara Teweh - Foto Dok Nett


BANUATODAY.COM, KALTENG- Pj Bupati Barito Utara (Barut) Muhlis mengucapkan terima kasih kepada seluruh mantan bupati dan wakil bupati serta pejabat yang telah membangun Bumi Iya Mulik Bengkang Turan, sehingga banyak kemajuan pembangunan di daerah ini.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para mantan Bupati Barut dan para mantan pejabat Barut yang dahulu telah melaksanakan pembangunan sekaligus berhasil meletakkan dasar-dasar pembangunan di Kabupaten Barut yang kita cintai ini,” kata Muhlis pada acara syukuran dan ramah tamah hari jadi ke 74 Kabupaten Barut, senin (22/7/2024) di gedung balai Antang Muara Teweh.


Apa yang ada saat ini merupakan perjuangan mereka, sehingga pihaknya mendapatkan beberapa kemudahan untuk terus melanjutkan pembangunan di Kabupaten Barut.

“Semoga semua karya bhakti para mantan Bupati dan para mantan pejabat Barut sebelumnya mendapatkan ganjaran yang berlipat ganda dari Allah SWT, Aamiin,” kata Muhlis.

Dipaparkannya, beberapa kemajuan pembangunan yang terjadi yakni pada bidang pemerintahan, memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke 10 kali secara berturut-turut. Untuk bidang pendidikan, Pemerintah Kabupaten Barut meraih piagam penghargaan dari Menteri Pendidikan Republik Indonesia bahwa bahasa daerah/lokal kembali masuk dalam kurikulum merdeka belajar. 

“Serta untuk guru-guru PNS dari jenjang TK hingga SMP masih mendapatkan tambahan penghasilan di luar sertifikasi. Sedangkan untuk guru non ASN mendapatkan insentif sebesar satu juta rupiah,” jelasnya.

Lebih lanjut, pada bidang pertanian, total produksi jagung hibrida Barut sudah mencapai 4.000 hektare dan kurang lebih 70 persen produksi jagung di Kalimantan Tengah ada di Kabupaten Barut.

Selain itu, Kementerian Pertanian telah memberikan sertifikat tanda daftar untuk 4 (empat) varietas tanaman padi unggul lokal, yaitu Padi Talun Koyem, Padi Talun Setia, Padi Longkong, dan Padi Raden Pahit. 

“Perlu juga kami sampaikan bahwa hasil komoditi pertanian, perkebunan, peternakan serta hortikultura dapat menekan laju inflasi bahan pokok di wilayah kabupaten Barut,” imbuhnya.

Di bidang ketahanan pangan, Kabupaten Barut terus melaksanakan program-program untuk ketahanan pangan yaitu restocking ikan di perairan umum, pemberian bibit ikan kepada para kelompok tani, launching penyaluran cadangan bantuan pangan dan gelar pangan murah.

Pada kesempatan itu dirinya juga menyampaikan nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Barut pihaknya mengucapkan selamat Hari Jadi ke 74 Kabupaten Barito Utara tahun 2024. 

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu menyemarakkan dan memeriahkan peringatan Hari Jadi ke 74 Kabupaten Barut tahun 2024. Serta ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada bapak Wakil Gubernur Kalimantan Tengah yang telah berkenan menyempatkan waktu di sela-sela kesibukan dan aktivitas beliau untuk menghadiri peringatan puncak Hari Jadi ke 74 Kabupaten Barut. Tidak lupa juga kami sampaikan ucapan terima kasih kepada Pj Bupati dan Pj Walikota se Kalimantan Tengah yang berkenan hadir pada peringatan Hari Jadi ke 74 Kabupaten Barut," tukasnya.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama