Trending

Bahlil Sebut Siapkan Aturan Pembatasan BBM Bersubsidi Per 1 Oktober, Ini Kata Jokowi

ILUSTRASI

BANUATODAY.COM, JAKARTA - Rencana pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi kembali menyeruak.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan rencana pembatasan BBM subsidi akan berlaku mulai 1 Oktober 2024 mendatang.

"Ya memang ada rencana begitu. Karena begitu aturannya keluar, Permennya (Peraturan Menteri) keluar, itu kan ada waktu untuk sosialisasi. Nah, waktu sosialisasi ini yang sekarang saya lagi bahas," kata Bahlil kepada media, Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Bahlil menyinggung pemakaian BBM subsidi, terutama Pertalite yang kerap digunakan oleh pengendara roda empat atau mobil. 

Menurutnya BBM subsidi harus tepat sasaran dan tidak dinikmati oleh orang kaya.

Menanggapi itu, Presiden Joko Widodo mengatakan saat ini rencana tersebut masih dalam proses sosialisasi ke masyarakat. 

"Sebelum memberlakukannya pemerintah juga bakal melihat terlebih dahulu kondisi di lapangan seperti apa," katanya, Rabu (28/8).

Menurut Presiden, masih diperlukan dalam proses sosialisasi untuk melihat kondisi di lapangan.

Jokowi menegaskan jika hingga saat ini belum ada keputusan berkaitan dengan rencana pembatasan BBM bersubsidi tersebut. Bahkan hingga, belum ada rapat membahas rencana pembatasan ini. 

Jokowi mengakui perlu adanya pembatasan BBM bersubsidi, berkaitan dengan polusi udara yang banyak terjadi di kota besar terutama Jakarta. "Kemudian, pemerintah ingin ada efisiensi anggaran terutama di tahun 2025," katanya.(bis/sun) 

Lebih baru Lebih lama