Trending

BI dan Korea Sepakati Penggunaan Mata Uang Lokal Antarnegara

ILUSTRASI

BANUATODAY.COM, JAKARTA - Bank Indonesia (BI), Bank of Korea (BOK), dan Kementerian Keuangan Korea menyepakati kerangka kerja sama Local Currency Transaction (LCT) dalam mendorong penggunaan mata uang lokal Rupiah-Won untuk transaksi perdagangan antara Indonesia dan Korea Selatan, Jumat (30/8). 

Langkah tersebut merupakan tindak lanjut Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani pada Mei 2023 dan kesepakatan kerangka operasionalnya pada Juni 2024. 

Kerangka LCT Indonesia-Korea Selatan akan diimplementasikan secara efektif mulai 30 September 2024.

Implementasi kerangka LCT antara Indonesia dan Korea Selatan ini merupakan capaian penting dalam kerja sama keuangan bilateral kedua negara. 

Kerangka LCT akan memperkuat interkoneksi bank Appointed Cross Currency Dealer (ACCD) dalam memfasilitasi transaksi berjalan antar negara dengan menggunakan mata uang lokal. 

Kerja sama ini juga mendorong kuotasi nilai tukar secara langsung (direct quotation) antara IDR terhadap KRW serta relaksasi ketentuan yang diperlukan untuk mendorong pemanfaatan LCT. 

Ke depan, implementasi kerangka LCT akan mendorong peningkatan transaksi perdagangan bilateral, mengurangi eksposur risiko nilai tukar, dan meningkatkan efisiensi transaksi.

BI dan BOK menetapkan bank-bank berikut sebagai bank ACCD di Indonesia dan Korea Selatan yang akan memfasilitasi operasionalisasi kerangka LCT Rupiah-Won.

Bank ACCD Indonesia:

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

PT Bank Central Asia Tbk

PT Bank CIMB Niaga Tbk

PT Bank BTPN Tbk

PT Bank Maybank Indonesia Tbk

PT Bank OCBC NISP Tbk

PT Bank DBS Indonesia

PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk

PT Bank KEB Hana Indonesia

PT Bank Shinhan Indonesia

PT Bank IBK Indonesia Tbk

PT Bank KB Bukopin Tbk


Bank ACCD Korea Selatan:

Woori Bank

KEB Hana Bank Seoul

Shinhan Bank Seoul

Industrial Bank of Korea

Kookmin Bank

SMBC Seoul

BNI Seoul Branch. (bis/sun)

Lebih baru Lebih lama