Trending

Gegana Brimob Polda Kalsel Diterjunkan dalam Simulasi Pengamanan Pilkada Banjarmasin

SIMULASI - Personel Polresta Banjarmasin yang turut dalam simulasi Sispamkota.(banuatoday)

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Tim Gegana Brimob Polda Kalsel diturunkan dalam simulasi pengamanan Pilkada Kota Banjarmasin. Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) ini diadakan Polresta Banjarmasin digelar di halaman Balai Kota Banjarmasin, Senin (05/08/2024). 

Simulasi Sispamkota Operasi Mantap Praja Intan 2024 melibatkan berbagai instansi di Kota Banjarmasin, selain Polri, ada TNI, Pemko, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). 

Kapolresta Banjarmasin, Kombes. Pol. Cuncun Kurniadi mengatakan, simulasi pengamanan mencakup pengamanan antara lain distribusi logistik, saat penghitungan suara.

Pada simulasi ini, tim Gegana Brimob Polda Kalsel bersama Polresta Banjarmasin mengenakan pakaian antihuru hara dan kendaraan taktis memeragakan teknik pengurai massa. 

Dalam simulasi juga dilakukan ledakan bom diskenariokan didapat di Kantor KPU Banjarmasin. 

"Kita melibatkan juga personel TNI, Satpol PP, Linmas dan Damkar juga dilibatkan dalam latihan Sispamkota," ujar Kapolresta. 

Menurut Kapolres, dengan latihan ini, diharapkan personel di lapangan mengetahui harus berbuat apa dan bertanggung jawab pada siapa apabila kondisi seperti ini terjadi.

Namun demikan, Kombes Cuncun tidak mengharapkan kerusuhan terjadi, dan tetap menginginkan Pilkada di kota Banjarmasin berjalan lancar, tertib dan aman.

Sementara dalam simulasi, terlihat aksi saling dorong dan lempar oleh massa. 

Di saat bersamaan, pihak keamahan juga mendapat informasi adanya dua bom di Kantor KPU Kota Banjarmasin. 

Ketua KPU Banjarmasin Rusnaillah mengatakan, pihaknya berharap kejadian dalam simulasi tidak benar-benar terjadi nantinya.

"Intinya ini adalah bentuk kesiapan pihak keamanan kita untuk menjaga kondisi Kota Banjarmasin benar-benar kondusif saat PIlkada serentak mendatang. Kami pun tentu merasa tenang melihat kesiapan ini, baik TNI, Polri dan Satpol PP maupun jajaran lainnya," kata dia. (pem/sun)

Lebih baru Lebih lama