Trending

Pemprov Kalsel Rapat Finalisasi, Meratus Geopark Great Culture Carnival dan Pemecahan Rekor MURI Siap Digelar

GEOPARK - Rapat finalisasi Meratus Geopark Great Culture Carnival yang akan berlangsung pada 20 dan 21 Agustus 2024 bertempat di kawasan perkantoran Pemprov Kalsel. (pemprov kalsel)

BANUATODAY.COM, BANJARBARU - Untuk menyukseskan salah satu event terbesar di Kalimantan Selatan, Pemerintah Provinsi Kalimantan menyelenggarakan rapat finalisasi Meratus Geopark Great Culture Carnival yang akan berlangsung pada 20 dan 21 Agustus 2024 bertemper di kawasan perkantoran Pemprov Kalsel.

Ketua Harian Badan Pengelola Geopark Meratus, Hanifah Dwi Nirwana menuturkan saat ini seluruh rangkaian yang akan memeriahkan pada event tersebut sudah tersusun dengan matang.

“Sesuai arahan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor (Paman Birin) pertunjukan seni dan budaya, wisata kuliner khas Kalsel, Pameran Kerajinan dan Industri Kreatif, Fashion Show, Edu Talk dan berbagai perlombaan untuk anak-anak sekolah dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap Geopark Meratus” ucapnya, Banjarbaru, Senin (12/8/2024).

Lebih lanjut, pihaknya juga sudah bekerjasama seluruh stakeholder dan masyarakat untuk pemecahan REKOR MURI yang diinisiai oleh ketua Dekranasda Provinsi Kalsel, Raudatul Jannah dengan pembentangan kain sasirangan sepanjang 5.700 km yang merupakan kekayaan indikasi geografis oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. 

Pihaknya mengatakan event ini sebagai sarana promosi budaya dan ekonomi masyarakat lokal dan terhadap semua upaya yang telah dibangun di level tapak.

Khususnya masyarakat lokal dan seluruh pemangku kepentingan sebagai wujud kesertaan tanpa kecuali, membangun rasa bangga terhadap budaya, kesadaran untuk menjaga lingkungan dan alam.

“Ini menjadi salah satu hadiah dalam perayaan Hari Jadi ke-74 Kalsel,” tuturnya. 

Dirinya pun optmis event ini berjalan sukses, sehingga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat lokal dan global tentang warisan geologi, keanekaragaman hayati dan budaya pada Geopark Meratus sekaligus sebagai pengembangan pariwisata berkelanjutan.

“Mudah-mudahan melalui event ini nantinya masyarakat dan pengunjung akan dapat menikmati pengalaman unik, perjalanan nyata dari masa lampau melalui ruang dan waktu membangun kembali kebanggaan nilai-nilai luhur dan tradisi untuk membangun kembali kecintaan pada ibu pertiwi untuk masa depan yang lebih baik,” harapnya. (adp/sun)

Lebih baru Lebih lama