Trending

Peringati Hari Veteran, Paman Birin Bersama LVRI Kalsel Ziarah ke Taman Makam Pahlawan

LEGIUN - Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor bersama pimpinan TNI dan Polri serta Legiun Veteran RI ziarah ke TMP Bumi Kencana Banjarbaru.jpg

BANUATODAY.COM, BANJARBARU - Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin memimpin upacara ziarah anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Bumi Kencana Landasan Ulin Tengah, Kota Banjarbaru, Sabtu (10/08/2024).

Kegiatan ziarah yang turut diikuti unsur TNI dan Polri itu dilakukan dengan upacara yang diawali penghormatan, mengheningkan cipta, dilanjutkan peletakan karangan bunga di depan tugu TMP Bumi Kencana dan tabur bunga di atas makam para pahlawan.

Dalam upacara, Paman Birin membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) terkait peringatan Hari Veteran Nasional tahun 2024.

Pesan-pesan Presiden Jokowi yang disampaikan Paman Birin antara lain, bahwa dengan tema yang diusung pada peringatan yakni “Veteran RI Bersama Pemerintah Siap Melanjutkan Pembangunan Indonesia Menuju Indonesia Emas”, mengisyaratkan bahwa sinergi dan kolaborasi antara para Veteran RI dan Pemerintah menjadi kunci keberhasilan dalam membangun Indonesia Emas.

Disebutkan, para Veteran RI telah mengorbankan segalanya demi kemerdekaan dan kedaulatan NKRI, mereka adalah saksi hidup dari sejarah perjuangan bangsa, di era pembangunan nasional, semangat juang dan pengalaman mereka sangat relevan dan patut dijadikan contoh untuk generasi mendatang.

Diharapkan kerjasama antara Pemerintah dengan para Veteran RI dapat terus terjalin dan dapat mengambil langkah-langkah strategis dalam mewujudkan pembangunan Indonesia menuju Indonesia Emas.

Menghormati dan menghargai para Veteran RI adalah wujud penghargaan kita terhadap sejarah dan perjuangan bangsa, pemerintah selalu memastikan bahwa kesejahteraan Veteran RI terjaga dan terjamin dengan memberikan hak-hak Veteran RI, pelayanan kesehatan dan kesejahteraan yang layak.

Sementara itu, Ketua LVRI Kalsel, Sandimin mengatakan, kegiatan ziarah ke makam pahlawan ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Veteran Nasional tahun ini. Selain di TMP Bumi Kencana Banjarbaru, dilakukan juga ziarah ke makam Pahlawan Nasional Hasan Basri di Liang Anggang.

Para veteran ujarnya, tetap bertekad mengawal dan mendukung pemerintah dalam melakukan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kita berkomitmen untuk terus bersinergi dengan pemerintah,” ujarnya usai kegiatan ziarah.

Terkait Hari Veteran Nasional, salah satu agenda nasional ini mulai dicetuskan pada 2014 di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Hari Veteran Nasional menjadi hari nasional lewat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 30 Tahun 2014 dan berdasarkan Keppres itu, tanggal 10 Agustus ditetapkan sebagai Hari Veteran Nasional. (adp/sun)

Lebih baru Lebih lama