Trending

Besok Penetapan Paslon Pilkada Serentak 2024, KPU Datangi Polri Minta Pengamanan

KOORDINASI - Ketua Komisi Pemilihan Umum, Mochammad Afifuddin saat konferensi pers. (youtube kpu)

BANUATODAY.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan berkoordinasi dengan Polri terkait pengamanan saat penetapan pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Pilkada 2024.

Ketua KPU RI, Mochammad Afifuddin mengatakan tahapan penetapan Cagub-Cawagub akan di gelar pada Minggu, 22 September 2024 mendatang.

"Kami sudah berkoordinasi dengan seluruh jajaran kopolisian di semua level," ujar Mochammad Afifuddin kepada wartawan, Jumat (20/9/2024).

Afif memastikan pihaknya telah mempersiapkan tempat yang kondusif dan memadai untuk melakukan penetapan pasangan calon nantinya. Hal itu sebagai langkah antisipasi dan merupakan rekomendasi dari pihak kepolisian.

"Kami mendapat notifikasi misalnya daerah-daerah yang katakanlah kantor KPU-nya dianggap terbatas untuk adanya kegiatan yang mengundang banyak orang. Kita sarankan jajaran untuk mencari tempat yang lebih representatif," tuturnya.

"Itu juga antisipasi dari situasi-situasi yang tidak kami inginkan dan pihak keamanan juga memberikan rekomendasi pada daerah-daerah tertentu khususnya yang calonnya banyak, untuk kemudian dilakukan penetapan juga nanti pengundian nomor urut," sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Afif juga mengimbau seluruh pihak untuk turut bersama-sama mendeklarasikan pilkada damai. "Juga mungkin deklarasi pemilu damai di titik-titik yang dianggap aman dan kondusif," tukasnya. (nas/sun)

Lebih baru Lebih lama