Trending

Desa Jangkang Baru Diresmikan Sebagai Desa Bersinar di Barut

 

SIMBOLIS: Asisten Sekda Bidang Pemerintahan Kabupaten Barut Eveready Noor didampingi Kaban Kesbangpol Rayadi menyerahkan SK penetapan Desa Jangkang Baru menjadi Desa Bersinar dari Pj Bupati Barut dan SK penetapan tim pokja Desa Bersinar Desa Jangkang Baru kepada Kepala Desa Jangkang Baru Jaliadi didampingi Camat Lahei Barat Adi Suwarman, jumat (20/9/2024) di Gedung Serba Guna Jl Anggrek RT 2, Desa Jangkang Baru, Kecamatan Lahei Barat - Foto Dok Nett


BANUATODAY.COM, KALTENG- Desa Jangkang Baru, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara (Barut), resmi ditetapkan sebagai Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba). 

Penetapan ini dilakukan oleh Pj Bupati Barut Drs Muhlis, melalui Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Barut Eveready Noor, Jumat (20/9/2024), bertempat di Gedung Serba Guna, Jl Anggrek RT 02, Desa Jangkang Baru.

“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara, kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Barito Utara atas pelaksanaan peresmian Desa Bersinar ini,” kata Pj Bupati dalam sambutan yang dibacakan oleh Eveready Noor.


Dirinya juga menekankan bahwa penyalahgunaan narkoba kini tidak hanya merambah wilayah perkotaan, tetapi juga telah menyebar ke pelosok desa, termasuk di kalangan nelayan, pekerja tambang, pekerja kelapa sawit, ibu rumah tangga, serta generasi muda.

Desa Jangkang Baru, sebagai salah satu wilayah penyangga kota, rentan terhadap peredaran gelap narkoba. Program pemerintah yang berfokus pada kesejahteraan desa semakin meningkatkan potensi ekonomi wilayah ini, yang juga bisa dimanfaatkan oleh bandar narkoba untuk kegiatan ilegal.

"Ketahanan desa sangat penting dalam menanggulangi narkoba. Dengan dukungan tim terpadu P4GN-PN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika), Desa Jangkang Baru ditetapkan sebagai Desa Bersinar," tambahnya.

Lebih lanjut, dirinya juga menekankan bahwa memerangi narkoba adalah tanggung jawab semua pihak, sebagaimana diamanatkan dalam Inpres No. 2 Tahun 2020 mengenai Rencana Aksi Nasional P4GN-PN 2020-2024. Pemerintah Kabupaten Barito Utara berkomitmen untuk mewujudkan Batara Bersinar (Barito Utara Bersih dari Narkoba).

"Harapan kami, Desa Jangkang Baru dapat menjadi contoh bagi sebelas desa lainnya di Kecamatan Lahei Barat untuk mengikuti jejak sebagai Desa Bersinar selanjutnya," ujarnya.

Ia juga mendorong masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya narkoba melalui berbagai program edukasi, khususnya bagi generasi muda, demi menciptakan Barito Utara yang lebih sehat dan aman dari narkoba.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama