Trending

Lurah Melayu Imbau Warga Terkait Dampak Perubahan Cuaca

 

BERGAYA: Lurah Melayu Dayat Salikin - Foto Dok Nett


BANUATODAY.COM, KALTENG- Berdasarkan perkiraan cuaca dari BMKG terkait dengan fenomena El Nino atau pemanasan suhu permukaan laut, telah menyebabkan penurunan curah hujan di sebagian wilayah Indonesia, khususnya di Kabupaten Barito Utara yang berpotensi meningkatkan risiko Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Lurah Melayu Dayat Salikin ini selalu memberikan imbauan kepada warga melalui RT, media sosial, grup WhatsApp, forum Kalteng, maupun Tim Reaksi Cepat dalam situasi perubahan cuaca. 

Dia juga mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dalam pembakaran sampah dan membuang puntung rokok yang menyala.

Dia menegaskan jika ingin membakar sesuatu di lahan pekarangan atau membakar sampah di lingkungan masyarakat, hendaknya melokalisasi secara aman agar tidak menimbulkan kebakaran akibat rambatan api dari pembakaran yang dilakukan tersebut.

"Ketika cuaca ekstrem seperti kemarau dan banjir terjadi, pihaknya selalu memberikan himbauan kepada masyarakat agar tetap waspada agar dapat mengantisipasi dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," jelasnya.


Dia juga menambahkan bahwa pada hari Jumat 20 September 2024 kemarin, suhu udara pada siang hari mencapai 36°C, yang sangat panas. Hal ini memperkuat kebutuhan akan kewaspadaan dan tindakan preventif terkait dampak perubahan iklim.

Situasi perubahan cuaca yang terjadi membutuhkan kesadaran dan tindakan bersama dari seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga keamanan, kesehatan, dan lingkungan hidup.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama