Trending

Rakor Pengadaan Tanah bagi Pembangunan Kepentingan Umum untuk Amankan Aset Daerah

FOTO BERSAMA: Rapat koordinasi penyelenggara pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum di Kabupaten Barut, kamis (19/9/2024) di aula BappedaLitbang - Foto Dok Nett



BANUATODAY.COM, KALTENG- Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Barito Utara (Barut) mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) penyelenggara pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum di Kabupaten Barut, kamis (19/9/2024) bertempat di aula BappedaLitbang.

Kepala Dinas Perkimtan Barut H Fery Kusmiadi melalui Sekdis Perkimtan Arianto mengatakan, maksud dan tujuan rakor ini adalah terselenggaranya sinergi dan kolaborasi antarpemangku kepentingan pengadaan tanah untuk kepentingan umum.

Selain itu, kata dia, untuk pencatatan aset daerah serta dalam rangka pengamanan aset daerah. Dia mengatakan, langkah awal dalam proses pengadaan tanah harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab, mengedepankan prinsip-prinsip keadilan, serta menghormati hak-hak setiap individu yang terdampak.

Adapun pengadaan tanah yang telah dilaksanakan Dinas Perkimtan Barut dalam 3 tahun terakhir ini yakni, pengadaan tanah untuk perluasan tempat pemakaman umum (TPU) Km 7 sejumlah 1 persil dengan luas 0,98 ha (telah selesai dan dalam proses legalisasi aset).

Kemudian, pengadaan tanah untuk pembangunan bendung di Desa Jamut Kecamatan Teweh Timur sejumlah 6 persil dengan luas 1,19 ha (masih dalam tahapan pelaksanaan). Selanjutnya, pengadaan tanah untuk pelebaran jalan nasional (dari simpang Polimat Sampai simpang bandara HMS) di Kelurahan Jingah dan Desa Hajak kecamatan Teweh Baru sejumlah 23 persil dengan luas 0,27 ha (masih dalam tahap pelaksanaan).

“Saya ingin mengajak semua pihak untuk bekerja sama dengan baik. Kita harus memastikan bahwa seluruh tahapan pengadaan tanah ini dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan keputusan yang terbaik bagi semua pihak. Apabila ada permasalahan atau kendala yang muncul, mari kita selesaikan dengan kepala dingin dan semangat kerjasama,” tukasnya.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama