Trending

25 WNI Dievakuasi dari Lebanon, Segera Dipulangkan ke Tanah Air

Menlu RI, Retno Marsudi


BANUATODAY.COM, JAKARTA - Setidaknya 25 Warga Negara Indonesia (WNI) dievakuasi di tengah berkecamuknya situasi di Lebanon.

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi menyebut sebanyak kurang lebih 25 WNI telah berhasil dievakuasi dari Lebanon melalui jalur darat.

"Kita sudah mengevakuasi sebagian dari warga negara kita (WNI), jadi yang dievakuasi kali ini adalah melalui darat," ujar Retno, Kamis (03/10/2024).

Retno mengatakan, telah menerima laporan bahwa WNI yang dievakuasi dalam keadaan selamat. Selanjutnya, mereka akan segera diterbangkan ke Indonesia.

"Tadi pagi saya sudah mendapatkan laporan bahwa mereka sudah sampai melalui Suriah, melalui Damaskus dengan selamat, untuk kemudian kembali ke Indonesia. Totalnya 20-25 kalau nggak salah, sekitar segitu," tuturnya.

Menurut Retno, pihaknya terus memonitor perkembangan proses evakuasi WNI dari Lebanon. Pasalnya, ruang udara di sejumlah negara di Timur Tengah mengalami buka-tutup.

"Jadi kita akan lihat. Pokoknya kesempatan terakhir penerbangan dapat dilakukan, tentunya akan kita lakukan (evakuasi). Lebih cepat lebih baik," jelasnya.

"Karena situasi yang sangat dinamis di lapangan, ruang udara bisa dibuka kemudian ditutup lagi. beberapa hari yang lalu, ruang udara di atas Jordan juga ditutup, kemudian dibuka lagi, jadi sangat dinamis, dan kita akan terus memantau perkembangan ini," sambungnya. (nas/sun)

Lebih baru Lebih lama