Trending

Kemenangan Timnas Indonesia Atas Bahrain Hancur Akibat Ulah Tak Adil Wasit Al Kaf

IMBANG - Pemain Indonesia (putih) menggiring bola dibayangi pemain Bahrain.(pssi)

BANUATODAY.COM, JAKARTA - Kemenangan Timnas Indonesia atas Bahrain dengan skor 2-1 sudah didepan mata dirampok wasit asal Oman bernama Ahmed Al Kaf.

Alasannya, wasit kerap mengeluarkan sejumlah keputusan yang merugikan Indonesia termasuk enjury time yang melebihi waktu yang telah ditentukan. Hingga akhirnya Bahrain mampu menyamakan kedudukan dengan skor akhir 2-2.

Pertandingan putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia antara Bahrain menjamu Indonesia di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, Kamis (10/10/2024) malam.

Usai pertandingan, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku wajar para pemainnya marah dengan wasit Ahmed Al Kaf.

“Jika Anda menyaksikan pertandingan ini, mungkin Anda akan paham mengapa para pemain kami sangat marah," kata Shin Tae-yong.

Ia mengatakan, waktu tambahan yang sudah ditetapkan adalah enam menit. Namun, dalam pertandingan lebih dari enam menit.

"Keputusan wasit semua bias. Ketika kami menghalau pemain Bahrain, Anda tahu ini akan terjadi tendangan bebas. Jadi menurut saya semua orang tahu mengapa pemain kami sangat marah,” tegasnya.

Wasit Ahmed memberikan tambahan waktu enam menit, tetapi kemudian memperpanjang waktu bermain sampai menit ke-99. 

Kondisi tersebut dimanfaatkan Bahrain sehingga dapat mengemas gol penyama kedudukan untuk mengakhiri laga dengan skor 2-2.

“Baik Indonesia dan Bahrain melakukan yang terbaik sampai wasit meniup peluit pada menit terakhir. Namun, saya harus tetap menyebut mengenai beberapa hal memalukan terkait keputusan wasit. Jika AFC ingin membangun sepak bola, maka pengambilan keputusan wasit juga harus ditingkatkan,” urai Shin Tae-yong.

Beberapa pemain Indonesia terlihat sangat marah.Termasuk manajer timnas Sumardji sampai diganjar kartu merah oleh wasit Ahmed. 

Tidak lama setelah pertandingan usai, anggota Komite Eksekutif PSSI Arya Sinulingga juga menyatakan PSSI tidak puas dengan kepemimpinan wasit Ahmed dan akan mengirimkan surat protes.

Dengan hasil ini, Indonesia menghuni peringkat kelima di Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, dengan koleksi tiga poin dari tiga pertandingan. (ol/sun)

Lebih baru Lebih lama