Trending

OPD Pemko Banjarmasin Pertajam Pemahaman Soal SOP Pengadaan Tanah dan Cegah Sengketa Lahan

 

CEGAH -OPD Pemko Banjarmasin Pertajam Pemahaman Soal SOP Pengadaan Tanah

BANUATODAY.COM,BANJARMASIN - Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) menggelar Sosialisasi pengadaan tanah dan dokumen perencanaan pengadaan tanah kepada seluruh SKPD dan Kecamatan di Kota Banjarmasin, di Hotel Nasa, Rabu (09/10).

Kegiatan Sosialisasi itu dibuka, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina turut hadir, Kepala Disperkim, H Chandra Iriandhy Wijaya, Camat se-Kota Banjarmasin, Narasumber, para SKPD serta jajaran terkait.

Menurut Ibnu Sina, Sosialisasi tersebut dalam rangka memperkuat pemahaman dan meningkatkan kerjasama dalam pelaksanaan pengadaan tanah yang berkualitas demi pembangunan yang berkelanjutan di Kota Banjarmasin.

Maka dari itu, ia mengajak para peserta sosialisasi untuk memahami materi yang disampaikan oleh narasumber. “Mari manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin, guna meningkatkan pemahaman, memperkuat koordinasi dan memperlancar pelaksanaan pengadaan tanah di kota Banjarmasin, ”ucapnya.

Lanjut ia berharap, dari sosialisasi tersebut membawa dampak positif bagi pembangunan dan kemajuan di Kota Banjarmasin. “Semoga melalui sosialisasi ini, kita dapat menjalankan proses pengadaan tanah dengan baik, dan membawa dampak yang positif bagi kemajuan Kota Banjarmasin tercinta," ungkapnya.

Sementara itu Kepala DPRKP Kota Banjarmasin, Chandra menjelaskan sosialisasi pengadaan tanah tersebut bertujuan untuk mensinkronisasikan kegiatan pengadaan tanah dengan kegiatan infrastruktur di Pemko Banjarmasin.

"Seperti kita ketahui pada saat ini bidang pertanahan ada di Perkim yang merupakan fasilitator, nanti kita akan simpan persepsi di sini terkait teknis pengadaan, contohnya terkait timeline pengadaan lahan," terangnya.

Terakhir Chandra berharap, pengadaan tanah tersebut nantinya akan berjalan sesuai dengan timeline yang sudah di SOP kan agar menghindari berbagai macam konflik jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Seperti kita ketahui berbagai infrastruktur di Kota Banjarmasin yang sudah SOP dari pengadaan lahan contohnya adalah pembangunan jembatan mantuil yang dibangun tahun 2023," pungkasnya.(naz/fsl)

Lebih baru Lebih lama