Trending

Peringati Hari Pangan Sedunia, DPKP Kalsel Gelar Pasar Murah

GERAKAN - Gerakan Pangan Murah yang digelar Dinas Pertandian dan Ketahanan Pangan Kalsel memperingati Hari Pangan Sedunia.(pemprov kalsel)

BANUATODAY.COM, BANJARBARU -Memperingati Hari Pangan Sedunia ke-44, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengadakan gerakan pangan murah (GPM) di halaman Kantor Banjarbaru. 

GPM ini diadakan berdasarkan himbauan dari Badan Pangan Nasional dan dilaksanakan juga di beberapa kabupaten/kota di Kalsel. 

Plh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kalsel, Imam Subarkah diwakili oleh Kabid Ketahanan Pangan, Saptono menyampaikan tujuan GPM untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pangan yang layak, terutama bagi mereka yang tergolong kurang mampu dengan membeli kebutuhan pangan dibawah harga pasar. 

“Jadi kegiatan GPM ini sesuai dengan tema Hari Pangan Sedunia ke-44 yaitu hak atas pangan untuk kehidupan dan masa depan yang lebih baik,” kata Saptono, Jumat (18/10/2024). 

Menurutnya, tidak hanya ketersediaan pangan yang menjadi isu, tetapi juga distribusi dan pemerataan distribusi yang perlu diperhatikan. 

Oleh karena itu, Gerakan Pangan Murah ini diadakan untuk memastikan bahwa masyarakat memiliki akses terhadap pangan yang layak, dengan harga yang terjangkau.

“Ada beberapa komoditas yang dijual pada GPM ini, seperti beras SPHP, minyak goreng, telur, ayam, bawang merah, bawang putih, dan sayuran segar dari beberapa UMKM dan petani yang sudah menjadi mitra,” ujarnya. 

Selain itu, antusias masyarakat pada kegiatan GPM ini sangat luar biasa. Karena komoditas pangan yang dijual sangat berkualitas. 

“Masyarakat sangat antusias kalau ada kegiatan GPM ini apalagi harganya sangat murah,” ungkapnya. 

Ia berharap dengan adanya GPM ini dapat membantu masyarakat berpenghasilan rendah untuk ketersedian pangan yang berkualitas agar gizi mereka dapat tercukupi. 

“Kita berharap bahwa Gerakan Pangan Murah dapat terus dilakukan di seluruh Indonesia dan menjadi salah satu upaya untuk mewujudkan akses pangan yang layak bagi seluruh masyarakat Indonesia khususnya Kalsel,” pungkasnya. (adp/sun)

Lebih baru Lebih lama