Trending

Ratusan Ribu Tentara Dikerahkan untuk Pengamanan Pelantikan Presiden-Wapres

APEL - TNI siap mengamankan acara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden. (istimewa)

BANUATODAY.COM, JAKARTA - Ribuan personel TNI siap mengamankan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Sebagaimana telah dijadwalkan MPR RI, pelntikan akan dilaksanakan pada hari Minggu (20/10/2024). 

Bersama dengan Polri, TNI menggelar gelar apel pasukan yang dilaksanakan pada hari Jumat (18/10/2024) di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan pihaknya mengerahkan ratusan ribu personel untuk pengamanan kegiatan pelantikan tersebut.

“Kita melaksanakan apel kesiapan dalam rangka pelaksanaan pengamanan pelantikan presiden, personel dari TNI 100 ribu,” ujar Agus usai memimpin apel pengamanan pelantikan bersama dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jumat (18/10/2024).

Operasi Pengamanan (Opspam) VVIV tersebut meliputi pengamanan terhadap Presiden, Wakil Presiden dan Tamu Negara setingkat Kepala Negara atau Kepala Pemerintahan.

Perihal potensi ancaman, Agus menyebutkan pihaknya sudah melakukan mitigasi dengan berkoordinasi bersama stakeholder terkait seperti Polri dan satuan intelijen, khususnya di wilayah DK Jakarta.

“Semua kita kerahkan untuk pengamanan khususnya VVIP untuk Ring 1 dari Paspampres lengkap dengan sniper dan antidrone dan Ring 2, 3 pasukan TNI dan kepolisian,” ucapnya.

Satgas dari TNI yang diantaranya terlibat dalam kegiatan pengamanan pelantikan tersebut yakni Satgas Pamwil Jakarta (Kodam Jaya) dengan 5.768 Personel dan 16.421 personel (BKO), Satgas Pam VVIP (Paspampres) sebanyak 1.541 Personel.

Sebanyak 3798 personel (BKO), Satgas Passus (Koopsus TNI) sebanyak 142 Personel.

Kemudian 35 personel Satgas Penerangan (Puspen TNI), 57 personel, Satgas Medis (Puskes TNI) 57 Personel, Satgas Intel (Bais TNI) 128 Personel, Satgas Laut (Koarmada I) 1.145 Personel, Satgas Udara (Koopsud I) 2.254 Personel, Satgas Komlek (Satkomlek TNI) 60 Personel, Satgas Siber (Siber TNI) 14 Personel, dan Mabes TNI 20 Personel. (nas/sun)

Lebih baru Lebih lama