Trending

TP PKK Barut Gelar Lomba Cipta Menu Beragam

DISKUSI: Pj Ketua TP PKK Barut Marsiana Muhlis didampingi Pj Ketua DWP Barut dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan ketika melakukan penilaian lomba masak di aula rujab bupati - Foto Dok Nett


BANUATODAY.COM, KALTENG- Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Barito Utara (Barut) menggelar lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) serta Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) yang dilaksanakan di aula Rumah Jabatan Bupati Muara Teweh.

Pj Ketua TP PKK Kabupaten Barut Marsiana Muhlis mengatakan, dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan dan ikan masyarakat, perlu dicari solusinya, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang pangan.

Didalam undang-undang tersebut menekankan jika pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dalam pemenuhan kebutuhan pangan, yang harus didukung juga dengan konsumsi ikan yang memadai karena merupakan hak asasi setiap manusia.

"Salah satu upaya untuk mensosialisasikan konsumsi pangan yang beragam, berimbang, sehat dan aman berbasis sumber daya lokal, termasuk didalamnya konsumsi ikan. Lomba cipta menu ini diharapkan dapat memantapkan kemandirian pangan lokal, dan kelestarian sumber daya alam, dengan memanfaatkan potensi daerah yang tersebar diseluruh Kecamatan," kata Marsiana Muhlis.


Dirinya juga mengharapkan kegiatan lomba ini dapat memberi motivasi kepada masyarakat agar mau mengkonsumsi makanan sesuai pola pangan.

“Saya meminta kepada semua Kader PKK yang ada di daerah ini untuk dapat memasyarakatkan konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman serta gemar ikan. Mari kita bersama-sama canangkan " B2SA Plus Gemarikan" untuk keluarga kita dan masyarakat di Kabupaten Barito Utara," tambahnya.

Sementara itu, Ketua panitia kegiatan lomba Khairunisa mengatakan peserta pada lomba cipta menu Beragam, Berimbang, Sehat dan Aman (B2SA) dan LMSI berasal dari TP PKK 9 kecamatan.

“Untuk dewan juri dalam kegiatan lomba masak ini berasal dari kalangan profesional dengan berbagai latar belakang pengalaman dibidangnya,” tukasnya.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama